Minggu, 08 Juni 2008

All about STEKPI

All about STEKPI
Profil STEKPI
STEKPI school of business and management adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan perbankan Indonesia. Yang memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau sederajat untuk mengikuti pendidikan jalur akademik dibidang dibidang, manajemen dan akuntansi khususnya keuangan dan perbankan.STEKPI diselenggarakan oleh Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia (YAPPINDO) dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN - PT).Pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan perkembangan transaksi Internasional yang dinamis telah menciptakan kebutuhan akan diversifikasi serta peninggkatan kualitas SDM yang diperlukan dalam setiap aktivitas ekonomi baik yang bergerak dibidang barang maupun dibidang jasa.Keutuhan ini semakin terasa di dalam negeri karena semakin besarnya gap antara kualitas lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang tersedia dengan kualitas tenaga kerja dan profesional yang dibutuhkan oleh dunia usaha.Karena itu STEKPI sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan Sarjana Ekonomi yang berkualitas, sangat menyadari hal ini dan terus berusaha melakukan berbagai langkah yang bersifat proaktif sesuia dengan visinya menjadi Center of Excellence dibidang Pendidikan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan di Indonesia.Sertifikasi KompetensiPada masa mendatang, dunia usaha dalam menerima karyawan disamping ijazah pendidkan formal, kompetensi pelamar menjadi selling point. STEKPI tengah mengembangkan mata kuliah dengan sertifikat kompetensi, yang berarti STEKPI menjamin kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan suatu bidang pengetahuan keterampilan.Para lulusan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kontenporer dari dunia usaha dan pendidikan tenaga profesional yang dapat mengembangkan:VISISTEKPI menjadi Universitas Masa Depan yang berkualitas dan dipercaya oleh stakeholder pada tataran internasional.MISI1. Memberikan pelayanan Jasa Pendidikan Tinggi Yang Berkualitas guna menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang produktif sehingga mampu memberikan kontribusi positif kepada kepentingan stakeholder.2. Menyelenggarakan suatu Proses Pembelajaran dan Manajemen Pelayanan yang prima atas dasar objektifitas dan kejujuran yang didukung oleh penggunan sistem informasi, sarana dan prasarana yang berkualitas.3. Meningkatkan Kualitas, Potensi dan Kesejahteraan Sumber Daya Manusia untuk mencapai kemandirian usaha dan profesionalisme pengelolaan STEKPI sebagai sebuah perguruan tinggi.
STEKPI PHILOSOPHY
The Tree of LifeKnowledge begins as roots, And grows in rhythm with the breath of life It begins with a question, And ends with a solution But an answer does not signify the completion of a cycle It invites opposition, reconstruction and new ideas The process begins again and continues endlessly...
Keunggulan sistem pendidikan STEKPI
Penerapan kurikulum berstandar internasional yang di-endorse oleh dunia usaha. Penerapan team based learning untuk membiasakan mahasiswa membangun team power, bersikap asertif & berpikir kreatif.Penerapan uji kompetensi dan pemberian sertifikat kompetensi pada setiap semester, sehingga mahasiswa dapat memiliki sertifikat kompetensi kerja yang diperlukan oleh dunia usaha pada masa mendatang. pengitegrasian pengembangan kompetensi pengetahuan ( hard competency ),kepribadian dan keterampilan kerja (soft- competency ), serta pengalaman berbisnis secara terpadu. Penerapan trisemester, jaminan pelaksanan perkulihan, penerapan sistem remedial dan akselerasi yang mampu mempersingkat masa studi program S1 paling lama 3 tahun. Penerapan pembelajaran aktif berteknologi digital untuk meningkatkan efektifitas daya serap dan daya nalar mahasiswa. Dosen berkualitas dengan supervisi pakar dan akademisi terbaik di Indonesia.
Tenaga PengajarTenaga Pengajar terdiri dari dosen tetap, dosen tidak tetap dan praktisi yang memiliki pengalaman dan keahlian dibidang ekonomi, manajemen, akuntansi, keuangan dan perbankan dengan latar belakang pendidikan baik dari dalam dan luar negeri, serta memiliki jabatan akademik sampai dengan guru besar.Komposisi Tingkat Pendidikan :S1 : 4%S2 : 77%S3 : 19%
S1 Akuntansi & Manajemen
Kurikulum berbasis kompetensi yang di-endorse oleh dunia industri Pembelajaran dengan pendekatan team based learning untuk mengembangkan kepemimpinan, kewirausahawan dan kerjasama mahasiswa.Integrasi hard dan soft skill. Soft skill didesain oleh :· Dr. Rhenald Kasali · Lead Education
Diploma
Siap adaptasi untuk bekerja memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan bekerja terpadu. Kurikulum berbasis kompetensi yang didesain oleh Lead Education. Link & mact dengan dunia industri(praktik kerja & penempatan lulusan), dan menggunakan sitem moduler, setiap tingkatan dimana dikeluarkan sertifikat D1, D2 dan ijazah D3 serta Dapat melanjutkan ke S1-Ekstensi.
S1 EkstensiPembelajaran berbasis kasus dan problem solving, pengembangan kompetensi kerja sebagai manajer muda dan madya, waktu kisaran menjadi Sarjan 1,5 tahun, waktu perkuliahan: kuliah sore hari dan akhir pekan. Bahan kuliah sore disediakan secara online yang dapat diakses kapan dan dimana saja. Tesedia beasiswa, student loan dan biaya kuliah diangsur.
S1 Internasional
Pengembangan pendidikan harus terus dilakukan. Mulai 2005 ini STEKPI menyelenggarakan pendidikan S1 internasional dengan pengantar kuliah bahasa inggris. Tujuannya adalah agar mahasiswa bisa mendapatkan dual degree (dua gelar sekaligus) baik dari STEKPI maupun dari universitas luar negeri yang menjadi rekanan.Saat ini masih dapat dihitung dengan jari perguruan tinggi di Indonesia yang membuka kelas internasional seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada dan beberapa Universitas lainnya, dan STEKPI merupakan salah satu institusi yang berani membuka kelas internasional.Sebagai syarat dual degree, STEKPI sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti :Stansfield University (Inggris)Chicago Graduate School of Business (Amerika)George Mason University (Amerika)dan lain sebagainya. Nantinya mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih universitas mana yang menjadi pilihan mereka. Partner yang menjadi sasaran adalah Universitas-Universitas yang mempunyai dosen pemenang nobel ekonomi.Universitas-Universitas di Australia atau yang mempunyai kampus di Asia Tenggara juga menjadi pertimbangan. Sebagai gambaran, Stansfield University dan Chicago Graduate School of Business sudah mempunyai kampus di Singapura, sehingga mahasiswa yang bersangkutan cukup di Singapura dan tidak perlu ke negeri asal Universitas tersebut.Masa studi program ini adalah tiga tahun. Perkuliahan berlangsung secara interaktif dan melakukan ujian secara online. Mahasiswa program ini juga diwajibkan mengikuti kuliah di Universitas yang dipilihnya dalam periode waktu tertentu. Selain itu juga diadakan pertukaran mahasiswa dan dosen. Biaya yang ditawarkan pun cukup sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang diberikan. Fasilitas Khusus:Gratis komputer note book (khusus program internasional)Hot spot, internet bebas dan ruang kuliah cyberOlah raga: Golf, Ballroom Dance, Bowling, dllBeasiswa bagi mahasiswa berprestasi
Keunggulan sistem pendidikan STEKPI
Penerapan kurikulum berstandar internasional yang di-endorse oleh dunia usaha. Penerapan team based learning untuk membiasakan mahasiswa membangun team power, bersikap asertif & berpikir kreatif. Penerapan uji kompetensi dan pemberian sertifikat kompetensi pada setiap semester, sehingga mahasiswa dapat memiliki sertifikat kompetensi kerja yang diperlukan oleh dunia usaha pada masa mendatang. pengitegrasian pengembangan kompetensi pengetahuan ( hard competency ),kepribadian dan keterampilan kerja (soft- competency ), serta pengalaman berbisnis secara terpadu. Penerapan trisemester, jaminan pelaksanan perkulihan, penerapan sistem remedial dan akselerasi yang mampu mempersingkat masa studi program S1 paling lama 3 tahun. Penerapan pembelajaran aktif berteknologi digital untuk meningkatkan efektifitas daya serap dan daya nalar mahasiswa. Dosen berkualitas dengan supervisi pakar dan akademisi terbaik di Indonesia.Fasilitas Pendukung Lain1. Locker2. Auditorium, Atrium dan Ruang Seminar3. Poliklinik Umum dan Gigi4. ATM Bank Bukopin5. Masjid As-Salam6. Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)7. Ruang SENAT dan BalaiFasilitasKampus STEKPI berada di tengah kota dengan lingkungan yang kondusif, dibangun dengan arsitektur modern dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai "karya arsitektur terbaik dari Menteri Pekerjaan Umum dan Pengurus Ikatan Arsitek Indonesia, dibangun di atas tanah seluas 2,6 Ha, yang mencakup :Ruang Kuliah dengan fasilitas modernSTEKPI telah melengkapi semua ruang perkuliahan dengan fasilitas modern seperti; LCD, Komputer, Jaringan (LAN/WAN), CCTV dan didukung oleh aplikasi-aplikasi akademik secara online seperti:a. module onlineb. bank soalc. quitionerd. netsupporte. smsf. Microsoft application packetg. CD-Modul, CD-Rom dan Flash Diskh. Overhead Projectori. Audio Systemj. ACk. dll.Semua kelengkapan ini sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan semua materi perkuliahan ataupun materi tambahan pendukung materi perkuliahan yang diberikan. Hal ini membuat ruang perkuliahan di STEKPI menjadi relatif paling lengkap di IndonesiaInformasi Kelas Dengan TV/Plasma MonitorInformasi Kelas dan aktifitasnya, sperti: Jadwal kuliah, jadwal dan kehadiran dosen, rung kuliah, kegiatan perkuliahan yang tengah berlangsung dan informasi kelas lainnya dapat diikuti dan di lihat oleh mahsiswa melaluli sarana aplikasi online yang disajikan melaluli monitor TV/Plasma. Semua informasi ini dapat diases melalui internet dan sms.Anjungan Inforamsi MandiriKios / Anjungan Informasi dengan Touch ScreenUnit Anjungan Informasi dengan PCAccess Point Hot SpotKios / anjungan informasi dan Hot Spot ini tersebar pada tempat-tempat strategis, yang mudah diakses oleh mahasiswaOpen LabSTEKPI telah menetapkan kebijakan laboratorium komputer terbuka untuk mahasiswa (gratis) di luar jam penggunaan lab komputer untuk kegiatan perkuliahan dan registrasi akademik. Mahasiswa dapat menggunakan lab komputer untuk keperluan pendukung perkuliahan seperti pencarian tambahan materi pendukung materi perkuliahan melalui internet atau untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.STEKPI juga mmberikan fasilitas e-mail gratis (pemberian accaount e-mail) bagi mahasiswa dan beberapa pelatihan Informasi Teknologi. Dimana dengan menggunakan e-mail ini tugas kuliah akan diberikan melalui email begitu juga umpan balik dari dosen dan asistem dapat melalui email.Layanan Admnistrasi Terpadu
STEKPI telah merubah tata ruang kerja karyawan yang memungkinkan memeberikan layanan administrasi terpadu kepada mahasiswa dan dosen. Layanan admnistrasi mahasiswa diintegrasikan di ruangan administrasi akademik yang dilengkapi dengan aplikasi akademik secara online.Site MapKampus STEKPI terletak di jalan Kampus STEKPI, no.1, Kalibata Jakarta Selatan dengan luas tanah 2,6 Ha dan luas bangunan 12.050 m2. Bangunan ini terdiri dari:
GEDUNG STEKPI
Plaza Utama
Bangunan Plaza Utama merupakan penghubung antara Gedung Rektorat menuju ke Gedung Kuliah. Bangunan Plaza Utama ini terdiri dari :1.Ruang Dosen A, yaitu ruangan bagi dosen tetap STEKPI yang dilengkapi dengan fasilitas ruang rapat dosen serta ruang komputer.2.Ruang Dosen B, yaitu ruangan bagi dosen tetap STEKPI, yang dilengkapi dengan fasilitas ruang komputer.3.Ruang Bagian Pelayanan Administrasi Akademik Mahasiswa.4.Ruang Tunggu Dosen tidak tetap dan Pelayanan Perkuliahan.5.Kantor Kas Pembantu Bank Bukopin.Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Bangunan ini terletak di belakang Gedung Kuliah yang merupakan bangunan yang digunakan untuk segala kegiatan Senat Mahasiswa dan Organisasi Kemahasiswaan STEKPI lainnya.
Gedung KuliahBangunan gedung kuliah berlantai 4 terdiri dari :
Lantai 1 terdiri dari:
a).Perpustakaan STEKPI, secara keseluruhan luas perpustakaan adalah 710 m2. Di perpustakaan tersebut terdapat ruangan-ruangan, yaitu:Ruang PenyimpananRuang BacaRuang kerja Kepala Perpustakaan dan Administrasi
b).Kelas besar sebanyak 4 unit, dengan kapasitas masing-masing 89 kursi.
c).Poliklinik Umum dan Gigi, yang melayani Mahasiswa, Dosen dan Karyawan STEKPI, dan Ruang Biro Konsultasi Mahasiswa (konsultasi psikologi).d).Kafetaria yang berkapasitas 200 kursi dan dilengkapi dengan televisi sentral.
Lantai 2 terdiri dari:
a).Atrium dengan atap bersistem sliding sun-roof, yang dapat digunakan untuk ujian, kuliah umum, upacara dan pesta/perayaan dengan kapasitas 500 kursi.
b).Kelas kecil sebanyak 10 unit, dengan kapasitas masing-masing 50 kursi.
c).Ruang Seminar Biasa (Ruang Seminar I) yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan sebanyak 1 unit dengan kapasitas 30 kursi.
d).Ruang Seminar Eksekutif yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan sebanyak 1 unit dengan kapasitas 45 kursi.
e).Ruang Auditorium yang dilengkapi dengan fasilitas audio visual dan penyejuk ruangan, dengan kapasitas 324 kursi.
f).Ruang laboratorium Komputer Akuntansi
Lantai 3 terdiri dari:
a).Ruang Properti Manajemen atau Ruang Sub Bagian Umum.
b).Kelas sedang sebanyak 10 unit dengan kapasitas masing-masing 68 kursi.
c).Laboratorium Bahasa, dengan fasilitas peralatan audio visual dan penyejuk ruangan, dengan kapasitas 48 kursi.
d).Laboratorium Komputer, dilengkapi dengan 5 mode instruksi dan penyejuk ruangan, dengan kapasitas 34 kursi.
Lantai 4 terdiri dari:
a).Kelas ukuran sedang yang dilengkapi alat penyejuk ruangan sebanyak 10 unit dengan kapasitas masing-masing 64 kursi.
b).Ruang Tutor yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan sebanyak 8 unit yang terdiri dari:4 unit masing-masing kapasitas 15 kursi.4 unit masing-masing kapasitas 20 kursi.
c).Ruang Seminar Biasa (Seminar II) yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan, dengan kapasitas 30 kursi.
d).Ruang Seminar Biasa (Seminar III) yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan, dengan kapasitas 75 kursi.
e).Coffee Lounge dengan kapasitas 65 kursi.
f).Ruang Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM).
Lokasi Kampus STEKPIJl. Kampus STEKPI, No.1 Kalibata Jakarta 12760 phone.6221-7981366 fax.6221-7981352 www. stekpi.ac.id, info@stekpi.ac.id
Sumber : www.stekpi.ac.id

Pengertian Blog

Pengertian Blog
PENGERTIAN BLOGBlog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.
Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.
Sumber :
www.blog.bukukita.com
Apa itu Blog?
Tulisan ini mencoba menerangkan tentang Blog / Weblog dari berbagai sudut padang.Yang Bernama BLOGKamu ada di depan komputer, modem sudah terpasang dan siap menjelajah Internet, website apa yang sedang menarik sekarang? Apa yang sedang “trend” di Internet? Link-link apa saja yang menarik? Jangan kuatir, disamping banyaknya Search Engine (mesin pencari), ada banyak Blog di Internet yang bisa memandu kita untuk menemukan website di Internet. Dan ada cukup banyak detil-detil dan komentar pribadi yang bisa kamu nikmati dari tiap Blogger. Lewat Blog mereka, Blogger telah meraih pemirsa setia dan memperkenalkan kehidupan pribadi dan berbagi pengalam mereka pada kita semua.Yang dimaksid dengan Blog?Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.
Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara terus-menerus dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik, disertai dengan komentar-komentar pemilik blog dan pengunjungnya.Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan keinginan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet atau “diary online”, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip” atau “mengenali” isi kepala dan kehidupan pribadi sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal. Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.
Sumber :
www.e-padi.com
pengen ngasih pengertian blog menurut versiku sendiri, yang kurang setuju, atau pengen nambahin, silahkan ngasih komenblog atau weblog adalah catatan pribadi sesorang di internet. berisi informasi yang sering di update dan kronologis. blog lebih identik dengan sebuah diary. perbedaan mendasar adalah bahwa blog bisa dibaca siapa aja. banyak blog yang fokus terhadap satu objek informasi, misalnya politik, web design, olah raga dll. tapi kebanyakan blog itu lebih seperti jurnal pribad yang berisi informasi perjalanan dan kehidupan sehari-hari seseorang blogger (baca: tukang ngeblog :D) dan pemikirannya.beberapa ciri blog :isi utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategoriterdapat arsip untuk berita atau informasi lamaada tempat buat orang lain meninggalkan pesan atau memberi komentarbiasanya terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikujungi, biasanya disebut blogrolldan beberapa fasilitas lainnya, namun sebagian besar blog/weblog memiliki fasilitas seperti disebut diatas. membuat blog nggak harus punya domain atau hosting, karena saat ini banyak sekali penyedia layanan untuk pembuatan blog secara gratis, misalnya blogger, pitas, blopgdrive dll. persyaratannya juga nggak susah, nggak harus ngerti pemrograman ato web design untuk punya blog, karena sudah disediakan template yang bisa dipilih dan diubah. so jangan sampe ketinggalan, buruan daftar dan mulai nge-blog. kalo jaman dulu, punya imel ajah udah keren, sekarang nggak lagi, sekarang jamannya bikin blog dan punya blog.
Sumber :
www.isnaini.com

Manfaat Blog

Manfaat Psikologis Aktivitas NgeBlogPosted on Psychoblogology.Sebuah penjelasan dari sisi psikologis menanggapi prejudice yang semena-mena.Apakah benar ngeblog = goblog? (*bodoh) Baiklah kita mulai menggunakan sedikit aktivitas otak kita untuk mencerna berbagai data dan fakta berikut ini :Penelitian Adi Onggoboyo dalam “Suatu Fenomena Sociocyber yang unik dan dinamis” pada bulan Oktober 2004 yang lalu mengungkapkan bahwa 95,26% dari 211 blogger Indonesia menyatakan bahwa mereka merasa mendapatkan hal-hal positip setelah menjadi blogger. Hal-hal positip tersebut diuraikan lagi oleh Adi Onggoboyo sebagai berikut :· Meningkatkan Gairah Hidup 2,98%· Lebih Disiplin 0,49%· Semangat Prestatif 3,98%· Menjalin dan memperbanyak relasi/ kawan/ persahabatan 48,75%· Rajin menulis/ meningkatkan kemampuan/ produktivitas menulis 8,95%· Lebih kreatif/ ekspresif/ inspiratif/ motivatif 4,47%· Menambah berbagai wawasan 3,98%· Lega bisa berbagi 2,48%· Lain-lain 7,96%· Gabungan beberapa poin diatas 15,92%Dari data tersebut, Adi Onggoboyo menyimpulkan bahwa blog dapat dijadikan sebuah alternatif bagi pengembangan diri dari berbagai sisi, tidak hanya sekedar tulis menulis.Penelitian diatas semakin menguatkan pandangan bahwa blog itu memiliki nilai manfaat yang cukup besar dibandingkan dengan nilai negatifnya, berikut ini beberapa manfaat yang membuat aktivitas ngeblog bukanlah suatu penggoblokan belaka tapi sebaliknya ngeblog adalah aktivitas pencerdasan jika dilihat melalui bidang studi saya yaitu Psikologi :1. NgeBlog itu Merangsang Otak.Aktivitas ngeBlog, mulai dari membuat desain blog sampai dengan menulis blog tiap waktu merupakan suatu proses mental otak yang melibatkan jutaan sel pada otak. Rangsangan tersebut membuat rantai-rantai neuron menjadi aktif dan dimulainya proses mielinisasi (myelin adalah sejenis protein lemak yang dikeluarkan oleh otak untuk melapisi hubungan antara dendrit ketika kita menerima suatu informasi yang baru.Seorang peneliti otak yang bernama Dr. Marian Diamond telah menghabiskan waktu tiga puluh tahun untuk mengadakan rangkaian percobaan tentang otak. Hasilnya disimpulkan bahwa pada umur berapapun sejak lahir hingga mati, adalah mungkin untuk meningkatkan kemampuan mental otak dengan rangsangan lingkungan.Dengan demikian prinsipnya bahwa semakin terangsang otak dengan aktivitas intelektual dan interaksi lingkungan, semakin banyak jalinan yang dibuat antara sel-sel otak. Ini dapat dibuktikan dengan membandingkan jumlah jalinan sel otak pada tikus hasil percobaan Diamond. Tikus yang otaknya terus menerus dirangsang memiliki jumlah jalinan yang lebih banyak dibandingkan tikus yang tidak diberi rangsangan pada otaknya.2. NgeBlog itu Menyehatkan Jiwa dan Raga. Ngeblog berkaitan erat dengan aktivitas menulis blog, penelitian Adi Onggoboyo menunjukkan bahwa 27,48% dari 211 blog berisi mengenai curhat pribadi, 21,23% adalah renungan/refleksi, dan ide-ide pemikiran 14,69%. Hal ini juga dikuatkan dengan survei yang dilakukan octave.or.id yang mendapatkan 52,46% dari 122 blogger memilih menulis blognya dengan curhat/diary.Mengapa ngeblog dapat dikatakan menyehatkan jiwa? Dari hasil data survei diatas dapat diasumsikan jika sebagian besar blogger telah melakukan perilaku katarsis dengan mencurahkan perasaannya melalui tulisan pada blognya.Katarsis menurut Kamus Lengkap Psikologi karangan J.P. Chaplin adalah :pembebasan atau pelepasan ketegangan- ketegangan dan kecemasan- kecemasan dengan jalan mengalami kembali dan mencurahkan keluar kejadian-kejadian trumatis di masa lalu, yang semula dilakukan dengan jalan menekan emosinya ke dalam ketidaksadaran.Dengan menuliskan perasaan-perasaan yang muncul terutama hal-hal negatif akan memberikan rasa puas dan lega (Dr. Pennebaker).Menulis blog sebagai media katarsis lebih bermanfaat daripada melakukan aksi kekerasan. Emosi-emosi yang tersimpan dalam ketidaksadaran akan membuat seseorang semakin cemas, dan pada saatnya kecemasan tersebut akan termanifestasikan dengan perilaku agresifitas. Contohnya: Kebrutalan para polisi, Kebrutalan para pendemo, Kebrutalan seorang ayah yang tega membunuh anaknya. Blog sebagai media katarsis akan mengarahkan blog sebagai suatu media psikoterapi alternatif.Ada ungkapan yang mengatakan di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, begitu pula sebaliknya karena tubuh dan jiwa merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Pelepasan emosi melalui menulis di blog akan memberikan efek relaksasi bagi tubuh sehingga fungsi tubuh akan kembali mencapai keadaan homeostatis. Keadaan stress memicu tubuh untuk selalu dalam keadaan tegang, dan semakin lama ketegangan tersebut akan memperlemah pertahanan tubuh dan selanjutnya akan mempengaruhi fungsi organ tubuh. Dengan demikian semakin kita rajin melampiaskan emosi dalam tulisan blog kita semakin terjaga tubuh kita dari berbagai ancaman penyakit.3. Ngeblog itu Suatu Proses Pembelajaran. Aktivitas menulis blog merupakan proses belajar. Ketika kita mengungkapkan perasaan kita melalui suatu blog, kita akan belajar untuk mengenal perasan-perasaan dan emosi-emosi yang muncul dari suatu peristiwa dalam keseharian kita. Semakin sering kita menyadari hal tersebut semakin lama kita semakin mengenal diri kita sendiri sehingga pada situasi yang sama, kita akan belajar untuk mengontrol emosi tersebut. Hal ini merupakan salah satu dari dasar pemikiran Aaron Beck yang terkenal dengan terapi kognitifnya.Aktivitas membaca blog orang lain juga merupakan proses belajar. Ketika kita membaca blog orang lain, tak jarang kita menerima informasi baru tentang berbagai hal. Secara tak langsung pengetahuan baru atau pengalaman orang lain tersebut akan mengendap dalam pikiran kita sehingga pada suatu saat dimana kita mengalami hal yang sama kita secara sengaja atau tidak, kita akan menggunakan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Hal ini dapat diterangkan lebih lanjut melalui teori belajar kognitif yang dikembangkan oleh Kohler.Ada perilaku-perilaku ketika ngeblog yang bisa dicurigai sebagai sebuah proses pembelajaran, yaitu :· - Memberikan komentar :belajar mengungkapkan pendapat, belajar menerima pendapat orang lain, belajar menerima perbedaan, belajar untuk memahami orang lain.· - Memberikan sapaan dalam ShoutBox :belajar untuk memulai dan mempertahankan suatu interaksi sosial, belajar untuk memberi perhatian, belajar untuk berafiliasi satu dengan yang lain, belajar memberi apresiasi terhadap suatu blog.Dengan demikian ngeblog merupakan suatu proses pembelajaran dan pengembangan kepribadian bagi diri blogger itu sendiri.4. Ngeblog itu Melatih Perilaku Afiliasi dalam Interaksi SosialSaya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang hal ini, tetapi saya akan menunjukkan suatu fenomena kedekatan hubungan sosial yang tercipta antara blogger hanya karena saling membaca blog satu sama lain. Tidak jarang kita dapat melihat komentar-komentar yang mengesankan suatu hubungan keluarga dekat dalam blog seseorang.58,29% dari 211 blogger dalam penelitian Adi Onggoboyo mengatakan komunikasi melalui blog membuat mereka merasa cepat akrab. 51,65% dari 211 blogger merasa lebih akrab berkomunikasi via blog dengan temannya yang sudah dikenalnya dalam dunia nyata. Saling berbagi cerita dan pengetahuan membuat seseorang mulai mengenal seseorang yang lainnya secara lebih mendalam. Keterbukaan dan kepercayaan akan menciptakan suatu jalinan afiliasi yang dapat pula menumbuhkan hubungan emosi blogger yang satu dengan yang lainnya meskipun tidak melakukan pertemuan fisik.Sekali lagi NgeBLOG TIDAK SAMA DENGAN GOBLOG.Ngeblog bukanlah suatu kegoblokan semata, hal ini baru ditinjau dari segi psikologis saja dan itupun masih banyak yang terlewat.Blog juga bukan sekedar trend, tetapi merupakan suatu kebutuhan manusia yaitu untuk mencapai kebutuhan yang paling tinggi dalam hirarki kebutuhan Abraham Maslow yaitu Kebutuhan untuk Aktualisasi Diri. Jadi jangan heran jika dalam diri setiap orang terdapat upaya untuk menunjukkan eksistensinya sebagai manusia, dan salah satu caranya adalah dengan ngeBLOG ! Viva Blogger Indonesia!Oktavianus Ken ManungkarjonoStaff UPTB Psikologi UGMhttp://kenz.or.id/blog adalah suatu media web online yang digunakan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan pikiran, emosi dan perilaku seseorang atau kelompok sebagai jawaban atas kebutuhan interaksi sosial dan aktualisasi diri untuk menunjukkan eksistensinya sebagai manusia dari waktu ke waktu.
Sejarah BlogBlog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita “mengintip” isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya.Blog pertama dibuat dengan browser mosaic, mosaic sendiri adalah browser pertama sebelum internet exploler dan nescape. Justin hall memulai web pribadinya dengan nama Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.Blog pertama kali sulit berkembang hal ini dikarenakan saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus untuk membuat website. Untuk membuat website saat itu diperlukan keahlian seperti membuat web diantaranya harus mampu membuat dan mengubah file html, sehingga hanya orang tertentu yang mampu membuat blog pada saat itu seperti administrator sistem dan web disainer.Blog mulai berkembang pada tahun 1998, pada saat itu web bisa di pasangi iklan oleh pihak ke tiga. Ada banyak penyedia blog gratis yang dapat di buat sendiri seperti Blogger, Movable Type dan WordPress.contoh iklan pihak ke 3:Masukkan istilah pencarian AndaKirim formulir pencarianWebavira.comgrisoft.comdetik.comApakah blog bisa di jadikan media belajar ?Blog dapat dikategorikan sebagai e learning, dalam tulisannya Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru. Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, Si siswa mengisi comment di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid. Dalam hitungan saat ini jumlah mata pelajaran di sekolah tidak lebih dari 20 macam. Jadi jika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya. Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit. Dan tidak akan keluar jalur, karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya. Setidaknya Ini demi penghematan biaya yg harus dikeluarkan untuk kegiatan sosialisasi atau penataran2 yg kadang tidak ada ujung-nya.Blog juga dapat menjadi media untuk mengungkapkan usul, komentar dan uneg-uneg seorang siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah, sehingga pihak guru dan sekolah dapat meningkatkan kinerja mereka sesuai yang diharapkan para peserta didik dalam hal ini adalah siswa sekolah.Kekuatan blog dalam dunia dalam dunia pendidikanIsinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaranBisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ideBukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnyaRelatif lebih hemat biayaMenembus ruangBebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan tidak tertulis)Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyatPengembangan proses pembelajaran yang bervariatifBlog sangat mudah pengelolaannya dibandingkan website. Bahkan untuk di wordpress.com jika belum berpengalaman dapat membaca cara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka waktu koneksi bisa dipersempit dan hemat biaya jika harus membayar rekening telepon. Dibutuhkan koneksi internet tidak lebih dari 1 jam jika tulisan sudah dipersiapkan secara offline.Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusiDengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis. Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut J.Blog dapat disimpulkan sebagai media informasi baik yang bersifat formal(sebuah institusi) atau informal (ajang tulis menulis kegiatan sehari-hari seorang blogger) yang bersifat murah meriah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya misalnya keahlian HTML. Blog sangat mudah dibuat oleh seorang awan dalam dunia website. Blog dapat dihias sesuai dengan keinginan pembuatnya misalnya dipercantik dengan hitcounter, lokasi dan IP address pengakses dan merubah background sesuai keinginan.
Manfaat Blog
Maret 18, 2008 · Disimpan dalam tipswell ternyata ngeblog ntu banyak manfaatnya lowh,diantaranya:1.BAGI PENULIS(SISWA)Pertama, blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategisKedua, tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya.Ketiga, blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis.Keempat, menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasanKelima, blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekaliKeenam, blog adalah tempat kita untuk menabung tulisanKetujuh, blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan.Selain itu blog juga bermanfaat:
• Meningkatkan Gairah Hidup
• Lebih Disiplin
• Semangat Prestatif
• Menjalin dan memperbanyak relasi/ kawan/ persahabatan
• Rajin menulis/ meningkatkan kemampuan/ produktivitas menulis
• Lebih kreatif/ ekspresif/ inspiratif/ motivatif
• Menambah berbagai wawasan
Lega bisa berbagi
• Lain-lain
Ngeblog adalah aktivitas pencerdasan jika dilihat melalui bidang studi Psikologi yaitu :
1. NgeBlog itu Merangsang Otak.
2. NgeBlog itu Menyehatkan Jiwa dan Raga.
2.BAGI GURU
• Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
• Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
• Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
• Relatif lebih hemat biaya
• Menembus ruang
• Bebas aturan alias suka-suka yg nulis (yg ada hanya etika atau aturan tidak tertulis)
• Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat
• Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatifBisa mengembangkan jaringan lebih luas antar guru di negara lain

Sistem, Informasi, Data

Pengertian sistem, informasi, data
Konsep dasar SistemPengertian dan definisi sistem pada berbagai bidang berbeda-beda, tetapi meskipun istilah sistem yang digunakan bervariasi, semua sistem pada bidang-bidang tersebut mempunyai beberapa persyaratan umum, yaitu sistem harus mempunyai elemen, lingkungan, interaksi antar elemen, interaksi antara elemen dengan lingkungannya, dan yang terpenting adalah sistem harus mempunyai tujuan yang akan dicapai.Berdasarkan persyaratan ini, sistem dapat didefinisikan sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk suatu tujuan bersama. Kumpulan elemen terdiri dari manusia, mesin, prosedur, dokumen, data atau elemen lain yang terorganisir dari elemen-elemen tersebut. Elemen sistem disamping berhubungan satu sama lain, juga berhubungan dengan lingkungannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.Terdapat beberapa definisi sistem yaitu :· Gordon B. Davis ( 1984 ) :“ Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud “. · Raymond Mcleod (2001) :“ Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu “.
Sumber :
www.google.com
Konsep Dasar Informasi Di dalam suatu organisasi atau perusahaan, informasi merupakan sesuatu yang memiliki arti yang sangat penting didalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen. Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi yang menerimanya.Menurut Raymond Mcleod, :“ Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang ”Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian yang sering terjadi adalah transaksi perubahan dari suatu nilai yang disebut transaksi. Kesatuan nyata adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam huruf, angka, bentuk suara, sinyak, gambar, dsb.Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi, penerima kemudian menerima informasi tersebut, membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akan membuat sejumlah data kembali.
Sumber :
www.google.com
Konsep Dasar Sistem InformasiSistemTerdapat dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai berikut ini:Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urut-urutan operasi didalam sistem. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya mendefinisikan sistem sebagai berikut :Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pendekatan sistem yang merupakan kumpulan dari elemen-elemen atau komponen-komponen atau subsistem-subsistem merupakan definisi yang lebih luas dan lebih banyak diterima karena pada kenyataannya suatu sistem terdiri dari beberapa subsitem atau sistem-sistem bagian. Komponen-komponen atau subsistem-subsistem dalam suatu sistem tidak dapat berdiri sendiri, semuanya saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga sasaran sistem dapat tercapai.1.1. Karakteristik SistemSuatu sistem menpunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen (components), batas (boundary), lingkungan luar sistem (environments), penghubung (interface), masukan (input), keluaran (output), pengolah (process), dan sasaran (objectives) atau tujuan (goal).
a. Komponen SistemSuatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerjasama membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari subsistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar disebut dengan supra sistem, misalnya suatu perusahaan dapat disebut sebagai suatu sistem sedang industri yang merupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem. Kalau dipandang industri sebagai suatu sistem, maka perusahaan dapat disebut sebagai subsistem. Demikian juga bila perusahaan dipandang sebagai suatu sistem, maka sistem akuntansi adalah subsistemnya. Kalau sistem akuntansi dipandang sebagai suatu sistem, maka perusahaan adalah supra sistem dan industri adalah supra dari supra sistem.
b. Batas sistem Batas sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipasang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
c. Lingkungan luar sistem Lingkungan luar (environment) dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
d. Penghubung sistem Penghubung (interface) merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lain. Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi satu masukan (input) bagi subsistem yang lain dan akan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat berintegrasi dengan subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.
e. Masukan sistemMasukan (input) adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem. Masukan dapat berupa masukan peralatan (maintenence input) dan masukan sinyal (signal input). Mantenance input adalah energi yang diproses agar didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya sedangkan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
f. Keluaran sistem Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan yang lain menjadi keluaran berupa barang jadi. Sistem akuntansi akan mengolah transaksi menjadi laporan keuangan dan laporan-laporan lain yang dibutuhkan oleh menejemen.
g. Sasaran sistem Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objektif). Kalau sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali, masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem.
1.2. Klasifikasi sistemSistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya sebagai berikut ini :
a) Sistem abstrak dan sistem fisik. Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubungan antara manusia dengan tuhan. Sistem fisik merupan sistem yang ada secara fisik misalnya sistem komputer, sistem akuntansi dan sistem produksi.
b) Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system). Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, misalnya sistem perputaran bumi. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia. Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin disebut dengan human machine system atau ada yang menyebut dengan man machine system, karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.
c) Sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tentu (probabilistic system). Sistem tertentu beroperasi tertentu dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Inteaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti, sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Sistem komputer adalah contoh dari sistem tertentu yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program yang dijalankan. Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas.
d) Sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (open system). Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluarnya. Secara teoritis sistem tertutup ada, tetapi kenyataan tidak ada sistem yang benar-benar tertutup yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup, tidak benar-benar tertutup), sedang sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau subsistem yang lainnya, karena sistem sifatnya terbuka dan tepengaruh oleh lingkungan luarnya, maka suatu sistem harus mempunyai sistem pengendalian yang baik. Sistem-sistem yang baik harus dirancang sedemikian rupa, sehingga secara relatif tertutup karena sistem tertutup akan bekerja secara otomatis dan terbuka untuk pengaruh yang baik saja.2. InformasiInformasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, sedangkan data merupakan sumber informasi yang menggambarkan suatu kejadian (kumpulan fakta). Sistem informasi, menurut Leitel dan Davis dalam bukunya “Accounting Information System” mendefinisikan bahwa :Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan-kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Definisi yang umum, sistem informasi diartikan sebagai suatu sistem dalam suatu organisasi yang mengolah data menjadi bentuk yang lebih berguna untuk mencapai suatu tujuan.3. Pengembangan Sistem InformasiPengembangan sistem dapat berarti menyusun sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau untuk memperbaiki sistem yang sudah ada. Sistem yang sudah lama perlu diperbaiki atau bahkan diganti, dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu :
1. Kesalahan yang tidak sengaja, yang menyebabkan kebenaran data kurang terjamin.
2. Tidak efisiensinya operasi pengolahan data tersebut.
3. Adanya instruksi-instruksi atau kebijaksanaan yang baru baik dari pemimpin atau dari luar organisasi seperti peraturan pemerintah.
Sumber :
www.members.tripod.com.htm
PengertianSistem. adalah himpunan manusia, prosedur dan peralatan yang disusun untuk suatu tujuan tertentu. Suatu sistem dapat dibagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau subsistem-subsistem.Data. adalah fakta atau kenyataan yang secara simbolis dapat dinyatakan sesuai lingkup perhatian suatu aplikasi, dapat disimpan atau direkam.Informasi. Merupakan hasil pengolahan data yang telah memiliki makna untuk digunakan dalam suatu proses pengambilan keputusan atau perumusan kebijaksanaan.
Sumber :
http://www.dephan.go.id/

Sistem Informasi Manajemen

Ekasari Nugraheni, Iwan Muhammad Erwin, Endang SuryawatiPusat Penelitian Informatika – LIPIJl. Cisitu, Sangkuriang, Bandung 40135Telp. (022) 2504711, Fax : (022) 2504712, E–mail : iin [at] informatika [dot] lipi [dot] go [dot] idAbstractAsset Management Information System, called SIMA is information system based intranet which have aim to make government goods administration in LIPI. This information system facilitate LIPI to get the aim and function from goods administration. Intranet based system is possible in monitoring and supervising directly by computer network from the top administration organization to the bottom. This information system was build reference to BAKUN’s book. SIMA provides some facilities to process goods administration, such as inventory coding, inventory book’s making, searching data, mutation and clearing data, physical opname and reporting. SIMA is built with open source software, with use PHP language programming and PostgreSQL data base management, and server computer based LINUX.IntisariSistem Informasi Manajemen Aset (SIMA) adalah sistem informasi berbasis intranet yang bertujuan menatausahakan barang inventaris milik/kekayaan negara di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dengan sistem informasi ini lebih memudahkan LIPI dalam mencapai tujuan dan fungsi dari penatausahaan barang. Sistem berbasis intranet memungkinkan pengecekan dan pengawasan secara langsung melalui jaringan komputer dari organisasi penatausahaan paling atas ke yang paling bawah. Pembuatan sistem informasi ini berpedoman pada buku dari BAKUN (Badan Akuntansi Negara). SIMA menyediakan bermacam-macam fasilitas untuk proses penatausahaan barang, meliputi pengkodean barang inventaris, pembuatan buku inventaris, pencarian data barang, mutasi dan pemutihan barang, opname fisik dan pembuatan laporan. SIMA dibangun dengan perangkat lunak open source yang menggunakan bahasa pemograman PHP dan manajemen basis data dengan PostgreSQL, serta menggunakan komputer server berbasis LINUXKata kunciSistem informasi, aset, intranet, PHP, PostgreSQL.1. PendahuluanTeknologi komputasi client-server khususnya yang menggunakan teknologi internet/intranet dan teknologi basis data semakin berkembang pesat, sejalan dengan itu kebutuhan akan aplikasi sistem informasi yang tidak dibatasi ruang dan waktu juga semakin meningkat.Fasilitas internet dengan perangkat teknologi penunjangnya memungkinkan dikembangkannya sistem informasi manajemen aset yang memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kemudahan dalam mendistribusikan program aplikasi, mudah dan praktis karena dapat diakses dari manapun dan kapanpun, memiliki akses informasi yang lebih cepat, murah dan lebih baik serta mampu menurunkan biaya atas kebutuhan penyampaian dan penyebaran informasi.Manajemen aset adalah bagian atau komponen dari Lembaga/Departemen yang memberdayakan aset-aset tetap yang dimiliki sesuai dengan fungsi dan kegunaannya (LIPI, 2001). Sistem Informasi Manajemen Aset (SIMA) adalah sebuah sistem informasi berbasis web/intranet untuk mengelola data-data seluruh aset tetap yang dimiliki oleh setiap puslit di lingkungan LIPI. Dari sistem ini diharapkan pemeliharaan terhadap aset-aset penting yang diperlukan untuk menunjang kegiatan penelitian menjadi lebih terkontrol, dan semua potensi yang dimiliki puslit khususnya aset tetap dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang kegiatan penelitian2. Teknologi Pengembangan WebTeknologi yang digunakan dalam pemrograman web dibagi menjadi dua yaitu server side dan client side. Pada server side, perintah-perintah program dijalankan di server dan dikirimkan ke browser sudah dalam bentuk HTML. Sedangkan client side, proses akan dilakukan di web browser. Biasanya client side digunakan untuk hal-hal yang membutuhkan interaksi user tetapi data yang ditampilkan tetap dan seragam.Aplikasi web berjalan pada protokol HTTP, dan semua protokol di internet selalu melibatkan antara server dan client. Ketika seseorang mengetikkan suatu alamat di browser, maka browser akan mengirimkan perintah tersebut ke web server. Jika yang diminta oleh client adalah file yang mengandung perintah server side maka server web akan menjalankan dahulu program tersebut lalu mengirimkannya kembali ke browser dalam bentuk HTML sehingga dapat diterjemahkan oleh browser. Sedangkan jika yang diminta oleh client adalah file yang mengandung file client side maka oleh server file tersebut akan langsung dikirimkan ke browser.2.1. PHPPHP merupakan salah satu jenis scripting language yang dieksekusi pada sisi server, atau biasa disebut server-side scripting merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer yang dapat dijumpai di Internet.Fasilitas PHP yang paling kuat dan pasti adalah integrasinya dengan mesin database yang membuat halaman dengan dukungan database dengan mudah.PHP termasuk dalam HTML-embedded , artinya code php dapat kita sisipkan pada sebuah halaman HTML. Untuk mengetahui bahwa baris - baris HTML merupakan suatu script php maka digunakan pasangan tag. Tag yang dapat digunakan untuk menyatakan script php adalah§ < ? … ?>§ < % … %>§ < ?php … ?>Diantara ketiga ini tag ketiga merupakan tag yang paling aman karena memberikan tanda yang lebih jelas dan pada umumnya dimengerti oleh web server (Yudhi Purwanto, 2000).Beberapa hal yang terkait dengan penulisan file PHP yaitua. File PHP merupakan file teks biasa sehingga dapat dituliskan dengan editor teks biasa seperti Notepad, namun akan lebih baik jika anda menggunakan editor PHP khusus seperti PHPEd atau PHP Coderb. Seluruh blok skrip PHP harus berada di antara tag pengapit < ?php … ?> atau tag < ? … ?>. Tag ini dapat juga diganti dengan tag < 'script'>, ditambah dengan atribut language yang diberi value PHP. Serta dapat dituliskan pula dengan tag pengapit (delimiter) ASP < %… %>.c. Setiap statement harus dipisahkan dengan tanda titik koma ( ; )d. Semua file yang mengandung skrip PHP harus disimpan dalam format PHP File (*.php, *.phtml atau *.php3)3. Arsitektur SIMASIMA menerapkan arsitektur client-server three-tiers, dimana Application web Server akan bertindak sebagai middle-tier yang menyediakan seluruh aplikasi yang diperlukan client sebagai front-end untuk berinteraksi dengan database server sebagai back-end.SIMA dibangun dengan menggunakan perangkat lunak yang bersifat open source. Pada sisi application server akan menggunakan PHP dan Apache. Sedangkan sisi database server menggunakan Database PosgreSql yang berjalan dibawah sistem operasi Linux.4.Diagram Alur Data (Model Fungsional)Diagram alur data merupakan model fungsional SIMA. Diagram ini menggambarkan Sistem Informasi Manajamen Aset yang artinya hanya menggambarkan proses-proses yang berlangsung di perangkat lunak SIMA untuk lingkungan unit pengurus barang (UPB).Secara keseluruhan diagram terdiri dari 3 proses sebagai berikut :1. Opname Fisik Barang Inventaris, petugas inventaris melakukan opname fisik barang inventaris ke setiap ruangan. Hasil dari operasi fisik ini berupa data-data barang inventaris (alat dan bahan) mengenai keberadaan barang, kondisi barang, dan perubahan data barang, data buku perpustakaan.2. Pencatatan Data Barang, berdasarkan hasil dari opname fisik barang inventaris, perubahan-perubahan yang terjadi (barang masuk/keluar, atau perubahan data barang) akan dicatat ke buku inventaris peralatan dan bahan, daftar inventaris lain (DIL) , daftar Inventaris Ruangan (DIR) dan kartu inventaris barang (KIB – Tanah, Gedung dan Alat Kendaraan Bermotor. Jika terjadi mutasi barang dari hasil opname fisik maka akan dicatat ke buku mutasi barang3. Pembuatan Laporan-laporan, berdasarkan data buku inventaris yang telah diupdate dari hasil opname pisik, akan dihasilkan laporan hasil opname fisik barang inventaris (LOFBI), laporan Buku Inventaris, Laporan Posisi Awal (LPA) dan Laporan tahunan inventaris (LTI). Dari buku mutasi dan buku inventaris juga akan dihasilkan laporan mutasi barang triwulan (LMBT I - IV).5. Diagram Entity-Relationship (Model Objek)Database disimpan pada server “Gryfindor�? dengan nama database “sima�?, terdiri dari 23 tabel yang disusun secara relasional dengan proses normalisasi.Diagram Entity-Relationship (D-ER) merupakan model objek/statis yang menggambarkan struktur hubungan antar tabel untuk memudahkan menganalisa relasionalitas tabel-tabel tersebut. Detail entity (tabel) dengan atribut (field) dari SIMA dapat dilihat pada gambar 2.Gambar 2. Diagram E-R SIMA6. Modul-modul dan Kelompok Pengguna SIMA (model keamanan)SIMA terdiri dari tiga modul utama, yaitu referensi, inventarisasi barang dan pelaporan. Masing-masing modul memiliki sub-sub modul seperti yang diperlihatkan pada gambar 3.Gambar 3. Modul-modul SIMASIMA memiliki 5 kelompok pengguna yang disusun berdasarkan tingkatan akses terhadap tabel-tabel database, yaitu :• admin - administrator sistemmemiliki otoritas penuh (tambah, edit dan hapus) pada tabel-tabel kelompok referensi• operator - petugas inventarismemiliki otoritas penuh (tambah, edit dan hapus) untuk tabel-tabel kelompok inventarisasi barang.• eselon - Kapus, Kabag dan Kabidmemiliki hak akses untuk melihat data referensi dan data inventarisasi barang, serta melihat dan mencetak laporan-laporan• ppbi - ppbi wilayah dimana upb beradamemiliki hak akses untuk melihat beberapa data referensi serta melihat dan mencetak data inventaris yang perlu dilaporkan oleh UPB (Unit Pengurus Barang) ke PPBI (Pembantu penguasa Barang Inventaris).• guest - pengguna biasamemiliki hak akses untuk melihat beberapa data referensi dan beberapa data inventaris barang.7. Implementasi Program AplikasiAplikasi SIMA diawali dengan login ke sistem untuk menjamin keamanan data serta pengaturan akses database sesuai dengan kelompok pengguna.Gambar 4. Dialog Tampilan Awal SIMAGambar 4 merupakan halaman awal yang tampil pada saat pemakai berhasil login ke SIMA. Pada bagian atas terdapat menu-menu utama. Pada bagian kanan atas terdiri dari tombol petunjuk yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengoperasikan SIMA, kontak administrator lewat e-mail, serta link ke situs LIPI. Di kanan bawah terdapat tombol untuk logout dari SIMA. Pada tengah halaman merupakan halaman display untuk menampilkan form-form yang diperlukan.7.1 Struktur MenuOperasional SIMA melalui menu-menu utama yang masing-masing memiliki sub-sub menu pilihan. Menu-menu utama ini dibuat dengan model menu bar yang berbentuk tombol-tombol, sedangkan sub-sub menu dibuat dengan model link. Menu utama SIMA terdiri dari 6 menu untuk operasional sistem dan 1 menu petunjuk/manual. Setiap kelompok pengguna memiliki sub-sub menu yang tidak sama tergantung dari hak akses mereka terhadap tabel-tabel dalam database.7.1.1. Menu Lihat DataMenu lihat data digunakan untuk melihat data secara langsung tanpa perlu terjadi seleksi atau filter data. Diagram berikut menunjukkan sub-sub menu yang terdapat pada menu Lihat DataDiagram 1. Struktur Menu Lihat Data7.1.2. Seleksi DataMenu Seleksi data digunakan untuk melihat data dengan harus melakukan seleksi atau filter data. Diagram berikut adalah sub-sub menu yang terdapat pada menu Seleksi DataDiagram 2. Struktur Menu Seleksi Data7.1.3. Cari DataMenu Cari data digunakan untuk melakukan pencarian. Diagram berikut adalah sub-sub menu yang terdapat pada menu Cari Data.Diagram 3. Struktur Menu Cari DataGambar 5. contoh form pencarian data dengan kriteriaGambar 5 adalah salah satu contoh form pencarian data barang inventaris – peralatan dengan beberapa kriteria pilihan (berdasarkan nama alat, merk/type, tahun anggaran, lokasi barang dan kondisi barang). Kriteria-kriteria ini dapat diisi untuk mendapatkan data dengan filter yang diinginkan, atau tidak memilih / dikosongkan sama sekali jika akan melihat seluruh data.7.1.4. Tambah DataMenu Tambah data digunakan untuk mengisi dan menambah data. Diagram berikut menjelaskan sub-sub menu yang terdapat pada menu Tambah Data.Diagram 4. Struktur Menu Tambah DataSalah satu contoh tampilan pengisian data diperlihatkan pada gambar dibawah ini, yang memperlihatkan form untuk mengisi data buku inventaris peralatan.Gambar 6. Contoh Form Pengisian Buku Inventaris Peralatan" type="#_x0000_t75">Gambar 6. Contoh Form Pengisian Buku Inventaris Peralatan7.1.5. LaporanMenu Laporan digunakan untuk melihat dan mencetak laporan-laporan. Diagram 5 menunjukkan sub-sub menu laporan yang dapat dilihat dan dicetak dalam format Adobe Acrobat.Diagram 5. Struktur Menu LaporanGambar 7 adalah contoh bentuk laporan yang dihasilkan dari menu laporan. Laporan diberikan dalam format Acrobat Reader. Petunjuk penggunaan Acrobat Reader disediakan pada manual sistem melalui menu Petunjuk.Gambar 7. Contoh Laporan Mutasi Barang Triwulan dalam format Acrobat Reader7.1.6. Administrasi UserMenu Administrsi User digunakan untuk mengatur pengguna SIMA. Tipe admin memiliki otoritas tertinggi dalam mengatur pengguna sistem, antara lain dapat melakukan penambahan dan penghapusan data pengguna, mengganti tipe kelompok serta mengganti password pengguna. Sedangkan bagi pengguna hanya memiliki otoritas untuk mengganti passwordnya saja.7.1.7. PetunjukMenu petunjuk berfungsi sebagai user manual yang berjalan dalam format Adobe Acrobat. Tujuan dibuat menu ini adalah untuk memberi kemudahan bagi pengguna berupa informasi-informasi dalam mengoperasikan SIMA. Diagram berikut adalah petunjuk-petunjuk yang disediakan.Diagram 6. Struktur Menu PetunjukGambar 8. Contoh Manual SIMA dalam format Acrobat ReaderPenutupDengan dibangunnya suatu Sistem Informasi Manajemen Aset secara online di intranet, maka beberapa proses dalam kegiatan penatausahaan dan inventarisasi dapat diintegerasikan menjadi suatu sistem yang terkomputerisasi, dengan bentuk tampilan yang mudah digunakan oleh beberapa tipe pengguna. Bagi pengguna yang bertindak sebagai operator (tim inventaris ), sistem memberikan kemudahan dalam beberapa hal seperti : pencatatan data, pendataulangan (sebagai hasil dari kegiatan opname fisik, mutasi,pemutihan), penghitungan jumlah dan nilai barang untuk keperluan manajemen aset LIPI selanjutnya secara keseluruhan serta pembuatan laporan. Untuk pengguna pada level guest (tamu), sistem memberi kemudahan dalam akses pencarian barang, dengan memberikan beberapa model kriteria pencarian. Sementara untuk tipe pengguna eselon, sistem memberi kemudahan dalam akses pencarian barang dan akses untuk melihat laporan.Kemudahan yang diberikan oleh sistem ini, diharapkan sedikit demi sedikit dapat menghilangkan kekurangan yang didapat saat kegiatan penatausahaan dan inventarisasi dilakukan secara manual sebelum ini, meski tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa proses manual yag harus tetap diberlakukan.Penggunaan perangkat lunak berbasis open sources ( php, postgreSQL dan linux server ) dalam pembangunan Sistem Informasi Manajemen Aset ini, memungkinkan untuk meminimasikan biaya pembangunan sistem, meski dari sisi lain perlu ada peningkatan sumber daya manusia baik bagi pengguna operator maupun pengguna yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan sistem secara keseluruhan (administrator).
Konsep Sistem Informasi ManajemenJun 7, '06 12:07 AM for everyone
Sistem informasi manajemen (SIM) bukan sistem informasi keseluruhan, karena tidak semua informasi di dalam organisasi dapat dimasukkan secara lengkap ke dalam sebuah sistem yang otomatis. Aspek utama dari sistem informasi akan selalu ada di luar sistem komputer.Pengembangan SIM canggih berbasis komputer memerlukan sejumlah orang yang berketrampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Banyak organisasi yang gagal membangun SIM karena :Kurang organisasi yang wajarKurangnya perencanaan yang memadaiKurang personil yang handalKurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.SIM yang baik adalah SIM yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.Organisasi harus menyadari apabila mereka cukup realistis dalam keinginan mereka, cermat dalam merancang dan menerapkan SIM agar sesuai keinginan serta wajar dalam menentukan batas biaya dari titik manfaat yang akan diperoleh, maka SIM yang dihasilkan akan memberikan keuntungan dan uang.Secara teoritis komputer bukan prasyarat mutlak bagi sebuah SIM, namun dalam praktek SIM yang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan komputer. Prinsip utama perancangan SIM : SIM harus dijalin secara teliti agar mampu melayani tugas utama.Tujuan sistem informasi manajemen adalah memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam subunit organisasional perusahaan. SIM menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.A.DEFINISI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)Sistem informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.Perancangan, penerapan dan pengoperasian SIM adalah mahal dan sulit. Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan muncunya peraturan dari pemerintah.Lingkungan bisnis bukan hanya rumit tetapi juga dinamis. Oleh sebab itu manajer harus membuat keputusan dengan cepat terutama dengan munculnya masalah manajemen dengan munculnya pemecahan yang memadai.B.UNSUR-UNSUR SISTEM INFORMASI SEDERHANASemua sistem informasi mempunyai tiga kegiatan utama, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output).DATA : fakta-fakta atau sesuatu yang dianggap (belum mempunyai arti)INFORMASI : data yang telah diproses atau data yang memiliki arti.Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, non-komputer atau kombinasi keduanya.C.SISTEM INFORMASI UNTUK MANAJERInformasi yang diberikan kepada manajer digunakan untuk mengendalikan operasi, strategi, perencanaan jangka panjang & pendek, pengendalian manajemen dan pemecahan masalah khusus.Dalam sistem yang dikomputerisasikan, program secara terus-menerus memantau transaksi pemasukan yang diproses atau yang baru di proses guna pengindetifikasian dan secara otomatis melaporkan lingkungan perkecualian yang memperoleh perhatian manajemen.Semakin tinggi lapisan manajemen akan semakin cenderung menggunakan informasi yang berasal dari luar untuk tujuan pengendalian manajemen. Perbandingan kinerja organisasi dengan statistika ringkasan dari pesaing atau industri rata-rata jelas sangat penting artinya.D. SISTEM INFORMASI INTELIJENSistem informasi intelijen secara otomatis bertugas mencari dan menganalisis informasi tentang lingkungan sosial, politik, hukum, peraturan perundangan dan ekonomi dari satu atau lebih negara disamping juga tentang kesehatan dan prospek masa depan industri dimana perusahaan bersangkutan merupakan bagian didalamnya serta juga tentang pesaingnya.Sistem informasi intelijen akan memberikan informasi perencanaan yang para manajer tidak menerima dari sumber lain.Sumber informasi intelijen :Lembaga pemerintah.Asosiasi perdagangan industriPerusahaan riset pasar swastaMedia massaKajian khusus yang dilakukan organisasiInformasi yang diperoleh akan digunakan untuk memahami strategi pesaing, pergeseran halus dalam selera konsumen.Unsur pokok dalam informasi intelijen :Profil keperluan informasi dari manajerSistem penggalian informasi manajemenSistem pengkodean dan penyimpanan.Sistem analisis dataKajian khususSistem pelaporanPedoman penghapusan data.Sistem intelijen dapat memberikan banyak keuntungan bagi suatu perusahaan atau lembaga. Sekarang ini tidak hanya perusahaan besar yang memiliki sistem intelijen banyak perusahaan kecil yang juga mempunyai.E.INTEGRASI SISTEM INFORMASIIntegrasi : adanya saling keterkaitan antar sub sistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.Pengintegrasian sistem informasi merupakan salah satu konsep kunci dari SIM. Berbagai sistem dapat saling berhubungan satu sama lain dengan berbagai cara yang sesuai keperluannya.Integrasi sistem informasi dapat bersifat hirarkis yaitu pada tingkat transaksi akan memberikan masukan data kepada sistem tingkat manajerial atau sering pula dalam arah sebaliknya. Interaksi hirarkis adalah paling banyak diidentifikasikan dan diitegrasikan karena manajer mengetahui bahwa informasi harus diringkaskan menurut jalur hirarki disamping sistem yang bersangkutan ada di bawah satu garis komando dan karena manajer dalam bidang fungsional akan lebih banyak mengetahui data apa yang ada dalam sistemnya.Keuntungan dari integrasi :Membaiknya arus informasi di dalam sebuah organisasi.Mendorong manajer untuk membagikan informasi yang dihasilkan oleh departemennya agar secara rutin mengalir ke sistem yang lain yang memerlukan.F.EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERA. Fokus awal pada dataSelama paruh pertama abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan kebutuha n informasi para manajer. Pada fase ini penggunaan komputer hanya terbatas pada aplikasi akuntansi.Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) .B. Fokus baru pada informasiTahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar.C. Fokus revisi pada pendukung keputusan.Sistem pendukung keputusan (Decision support system)= sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer.Manajer tsb. Berada di bagian manapun dalam organisasi pada tingkat manapun dan dalam area bisnis apapun. DSS dimaksudkan untuk mendukung kerja satu manajer secara khusus.Spesifikasi DSS :Berfokus pada proses keputusan daripada proses transaksiDirancang dengan mudah, sederhana, dapat diterapkan dengan cepat dan mudah diubah.Dirancang dan dioperasikan oleh manajerMampu memberikan informasi yang berguna bagi analisis kegiatan manajerial.Berkaitan dengan hanya bagian kecil dari masalah besarMemiliki logika yang serupa dengan cara manajer menganilis situasi yang sama.Memiliki basis data berisi informasi yang disarikan dari file dan informasi lain organisasi yang berasal dari lingkungan eksternal.Memungkinkan manajer untuk menguji hasil yang mungkin dari serangkaian alternatif.D. Fokus pada KomunikasiPada waktu DSS berkembang , perhatian juga difokuskan pada otomatisasi kantor (office automation/OA) OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat elektronik.OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh, voice mail, e-mail, electronik calendaring, facsimile transmission.E. Fokus potensial pada konsultasiKomputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).G.KEMAMPUAN SEBUAH SISTEM INFORMASI MANAJEMENPengetahuan tentang potensi kemampuan sistem informasi yang dikomputerisasi akan memungkinkan seorang manajer secara sistematis menganalisis masing-masing tugas organisasi dan menyesuaikannya dengan kemampuan komputer.SIM secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Dan kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Beberapa kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer :Pemrosesan data batchPemrosesan data tunggalPemrosesan on-line, real timeKomunikasi data dan switching pesanPemasukan data jarak jauh dan up date filePencarian records dan analisisPencarian fileAlgoritme dan model keputusanOtomatisasi kantor.H.KEMAMPUAN PELAPORANSemua sistem informasi memiliki kemampuan pelaporan dan laporan harus dirancang agar sesuai dengan bentuk tertentu.Prinsip pelaporan :Laporan harus menonjolkan informasi terpentingHarus seringkas mungkinHarus disediakan dukunganSistem pelaporan manajemen biasanya dalam transisiSetiap laporan harus berformat keputusanTerstruktur untuk melaporkan suatu kinerjaJenis-jenis laporan :1. Laporan periodikLaporan yang secara rutin dikerjakan2. Laporan indikator kunciMerupakan variasi laporan periodik, laporan ini secara khusus memberikan beberapa statistik kritis kegiatan operasi harian kepada manajer.Laporan siap panggilJenis laporan yang ditetapkan oleh manajer agar tersedia sebelum berakhirnya satu periode, mungkin karena masalah operasi yang tidak diharapkan atau adanya ancaman.Laporan khususLaporan ini sering disebut juga laporan ad-hoc adalah jenis laporan lain dari jenois laporan tidak terjadwal yang dapat diminta oleh manajer.Laporan perkecualianYaitu laporan yang berisi hanya informasi yang dibutuhkan oleh manajer.I.INTERFACE ANTARA MANAJER DAN MESIN.= titik kontak dimana sistem komputer memberikan informasi kepada manajer atau dimana manajer memberikan data kepada sistem komputer.Bentuk komunikasi antara manajer dan komputer :Pengembangan program komputerDialog atau menyelami fileMengakses dataMemasukkan input.RINGKASANSeiring dengan perkembangan lingkungan bisnis yang rumit dan lingkungan yang dinamis tuntutan terhadap keberadaan Sistem informasi manajemen adalah menjadi kebutuhan.Sistem informasi manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi secara rasional dan yang mentransformasikan data menjadi informasi dengan berbagai cara sehingga dapat meningkatkan produktifitas selain juga harus disesuaikan dengan gaya dan watak para manajernya.Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab gagalnya membangun SIM, antara lain :· Kurang organisasi yang wajar· Kurangnya perencanaan yang memadai· Kurang personil yang handal· Kurangnya partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pengembangan sistem dan memotivasi seluruh personil yang terlibat.Kemampuan teknis sistem komputer :Pemrosesan data batchPemrosesan data tunggalPemrosesan on-line, real timeKomunikasi data dan switching pesanPemasukan data jarak jauh dan up date filePencarian records dan analisisPencarian fileAlgoritme dan model keputusanOtomatisasi kantor.Sumber : www.oktadymalik.multiply.comSistem Informasi ManajemenDari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.Daftar isi[sembunyikan]1 Tujuan Umum2 Proses Manajemen3 Bagian4 Lihat pulaTujuan UmumMenyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).Proses ManajemenProses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.BagianSIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).Sistem informasi personalia (personnel information systems).Sistem informasi distribusi (distribution information systems).Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).Sistem informasi analisis softwareSistem informasi teknik (engineering information systems).